(+62)81219095671 info@hco.co.id

Cara mengecat tembok lama yang benar harus dilakukan agar tembok rumah Anda bisa kembali cerah seperti baru. Agar Anda betah tinggal nyaman dan lebih lama di rumah, jangan asal-asalan dalam pengecatan tembok lama Anda. Ikuti saja petunjuk di bawah ini sampai tuntas.

Saat Yang Tepat Untuk Pengecatan Tembok Lama

Dinding eksterior diperlukan pengecatan ulang lebih sering daripada dinding interior. Meskipun sudah memakai cat jenis weather-shield, dinding eksterior sebaiknya ada pengecatan ulang 4-5 tahun. Ya, karena dinding eksterior rentan dengan perubahan cuaca dan suhu. Belum lagi sinar matahari secara langsung.

Sedangkan untuk dinding interior diperlukan pengecatan kembali 5-7 tahun. Kecuali dinding area dapur dan kamar mandi. Dua ruang ini perlu mendapat perhatian khusus karena memang aktivitas di dalamnya banyak menimbulkan percikan minyak dan sabun ke dinding. Kalau untuk ruangan lain relatif lebih aman terhadap kotor karena biasanya banyak dijumpai hanya karena coretan atau cap yang membekas pada dinding.

Periksa Dulu Sebelum Ambil Tindakan

Pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut yang akan membantu Anda dalam pengambilan keputusan, perlu pengecatan ulang secara mendalam dengan mengupas cat lama atau hanya cukup pengecatan ulang permukaan dindingnya saja.

  • Periksa secara visual semua permukaan dinding. Adakah permukaan dinding tersebut ada yang mengapur, berubah warna, mengelupas atau kerusakan lainnya.
  • Bila kurang yakin dengan pemeriksaan visual, lakukan pemeriksaan dengan cara mengusap atau menggosokkan tangan Anda ke permukaan dinding. Jika di telapak tangan Anda menyisakan bekas cat, berarti dinding Anda harus dikupas.
  • Jika masih belum yakin lagi, maka Anda memerlukan air untuk membasahi dinding. Lakukan pembasahan dengan cara menyemprotkan air pada dinding selama 5-15 menit. Apabila muncul gelembung udara atau bisul-bisul itu artinya cat dinding sudah mengapur.

cara mengecat tembok lama

Tentukan Pilihan Pengecatan Dinding

Dari salah satu hingga tiga langkah di atas bila Anda lakukan dan ternyata tangan Anda menyisakan bekas cat, dinding ada gelembung udara, cat dinding mengelupas atau muncul seperti bisul, itu menandakan cat dinding sudah mengalami pengapuran. Apabila memang kondisinya seperti itu maka cat dinding harus dikupas sebelum dilakukan pengecatan baru.

 

JANGAN LEWATKAN : Perbedaan Granit Dan Keramik Pada Lantai Yang Wajib Diketahui

 

Cara Mengecat Tembok Lama

Sesuai dengan hasil pemeriksaan kondisi dinding Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini ;

Cara Mengecat Tembok Lama Yang Masih Bagus

  • Bersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran dan minyak-minyak yang menempel dengan kain lap.
  • Lakukan pengampelasan secara ambang. Kertas ampelas bisa dipilih yang halus.
  • Pastikan permukaan dinding dalam kondisi yang kering.
  • Timpa cat dinding lama Anda dengan cat baru.

cara mengecat tembok lama

Cara Mengecat Tembok Lama Yang Rusak

  • Kupas cat lama pada dinding dengan menggunakan kape. Untuk hasil yang maksimal bisa dibantu dengan cairan remover paint yang banyak disediakan produsen cat.
  • Dengan kain lap, bersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran dan minyak-minyak.
  • Balurkan wall-sealer pada permukaan dinding untuk menetralisir PH dinding dan agar ada kesesuaian dengan PH cat. Penggunaan wall-sealer yang tepat membuat cat tidak mudah mengelupas dan membuat warna cat lebih tahan lama. Khusus untuk dinding yang cenderung lembab, pakailah wall-sealer yang mangandung alkali. Tunggu proses ini sampai kering atau + 120 menit.
  • Apabila ada retak rambut atau lubang-lubang kecil, lakukan perbaikan dengan mengoleskan plamur atau semen khusus untuk lapisan dasar cat.
  • Lakukan pengecatan wall-sealer kembali, terutama pada dinding yang diolesi plamur.
  • Pengecatan tahap pertama bisa dilakukan sebagai cat dasar. Ingat, bedakan antara cat interior dengan cat eksterior.
  • Setelah + 120 menit, ulangi lagi pengecatan sebagai pengecatan tahap kedua atau pengecatan
  • Apabila Anda lihat masih belum merata, bisa dilakukan pengecatan tahap ketiga.

Cat dinding memang bisa dianalogikan seperti wajah kita. Apabila Anda menginginkan hasil pengecatan yang lebih sempurna, lebih tahan lama, efektif dan efisien, Anda bisa konsultasi dengan ahlinya, HANSEN Construction. Anda mau pakai merk cat Propan, NipponPaint, Mowilex, Dulux atau apapun, pastikan pengecatannya dikerjakan oleh ahlinya.

X CLOSE
Butuh Bantuan? hubungi kami