(+62)81219095671 info@hco.co.id

Cara renovasi rumah lama memang banyak dicari karena renovasi rumah membuat banyak orang bingung setelah melihat begitu kompleksnya item pekerjaan yang perlu direnovasi. Sebenarnya hal itu bisa diatasi dan tidak usah bingung. Perencanaan dan tahapan yang jelas akan membantu penghematan dana renovasi rumah lama Anda. Simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya.

Mengapa Harus Ada Renovasi Rumah Lama

Terlepas dari biaya, mengkategorikan rumah lama memang lebih mengarah ke subyektifitas. Tiap orang pasti punya persepsi yang berbeda. Mana yang sudah waktunya direnovasi dan mana yang masih bisa dipertahankan. Mana yang cukup dipoles saja dan mana yang harus dibongkar. Panduan berikut ini akan bisa membantu Anda untuk memfokuskan pada fisik bangunan yang perlu direnovasi.

Cara Renovasi Rumah Lama

  • Tujuan Renovasi Rumah Lama
    Tujuan Anda merenovasi rumah harus menjadi dasar sebelum melangkah. Apakah merenovasi dengan tujuan memperbaiki bagian-bagian rumah yang rusak saja, merenovasi dengan merubah pembagian ruang, menambah ruang baru, merenovasi tampak ataukah merubah total tampak dan penataan ruang. Tujuan merenovasi ini harus benar-benar dimatangkan karena terkait dengan ketersediaan dana.
  • Periksa Kerusakan Rumah Lama Anda
    Faktor usia pemakaian dan karena faktor alam juga yang dapat menyebabkan perlunya merenovasi bagian rumah lama. Pada umumnya teras depan dan belakang, dapur dan kamar mandi yang menuntut untuk dilakukan renovasi terlebih dahulu dibanding area lain. Bagian atap juga harus diperiksa, baik penutup atap atau rangkanya. Dari area-area tersebut tentukan apakah memang perlu direnovasi atau tidak. Area tersebut bila direnovasi akan berdampak pada rutinitas keluarga, dan pada akhirnya menyangkut biaya. Belum lagi bila ditambah dengan bagian lain dari rumah Anda yang akan direnovasi.

Perlu Anda perhatikan, banyak terjadi bahwa pekerjaan renovasi rumah selalu melebar dari tujuan awal. Perubahan dari rencana selalu terjadi saat masih berjalannya pekerjaan renovasi. Oleh karena itu Anda harus hati-hati dan mengantisipasi hal ini.

Tahapan Dan Cara Renovasi Rumah Lama

Setelah menentukan tujuan renovasi dan melihat kondisi area mana saja yang perlu direnovasi, lakukan tahap-tahap perencanaan berikut sebelum melaksanakan renovasi.

Susun Daftar Pekerjaan

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun daftar dan merinci bagian mana saja yang akan direnovasi dan renovasi seperti apa yang Anda inginkan. Dari daftar tersebut akan kelihatan mana saja yang mendesak untuk direnovasi dan mana yang masih bisa dipertimbangkan lagi.

Cara Renovasi Rumah Lama

Buat Gambar Kerja

Pekerjaan akan lebih terarah dan bisa dipahami maksud renovasi Anda oleh pelaksana renovasi apabila tertuang dalam gambar kerja. Bila Anda tidak bisa menggambar sendiri, Anda dapat minta bantuan ke orang lain untuk menggambarkan maksud renovasi Anda.

Hitung Anggaran

Berdasarkan gambar kerja maka perhitungan biaya renovasi bisa dilaksanakan. Dalam anggaran ini Anda bisa memasukkan spesifikasi bahan sesuai keinginan. Harus diingat, dalam perhitungan anggaran ini juga dimasukkan item pekerjaan persiapan, yang meliputi peralatan kerja, kebutuhan air dan listrik, serta anggaran-anggaran lain di luar teknis pekerjaan renovasi.

Pastikan Tempat Tinggal Sementara

Hal ini perlu dipikirkan apakah Anda tetap tinggal di rumah yang direnovasi ataukah mencari tempat tinggal sementara selama pekerjaan renovasi. Hal ini harus diperhitungkan agar tidak saling terganggu antara aktivitas keluarga di dalam rumah dengan proses pekerjaan renovasi. Apabila pekerjaan renovasi terganggu kelancarannya maka akan berdampak pada pembengkakan biaya upah pekerja karena pekerja renovasi tidak bisa bebas bekerja.

 

SIMAK JUGA : Penyekat Ruangan Dari Gypsum, Kelebihan Dan Kekurangannya

 

Pilih Pelaksana Dan Cara Renovasi Rumah Lama

Ada tiga metode pengerjaan yang bisa Anda pilih. Memakai tenaga kerja harian dan Anda menyediakan materialnya, borong kerja saja sedangkan material disiapkan oleh Anda, atau diserahkan sepenuhnya kepada kontraktor untuk tenaga kerja dan penyediaan materialnya. Masing-masing metode itu ada kelebihan dan kekurangannya. Dalam pemilihan ini maka yang perlu dipertimbangkan adalah ketersediaan dana dan kemampuan dalam hal pengawasan pekerjaan.

 Cara Renovasi Rumah Lama

Persiapan yang matang dalam perencanaan dan cara renovasi rumah lama sangat diperlukan. Agar ketersediaan dana Anda dapat terkontrol dengan baik sebaiknya Anda memakai jasa konsultan dan kontraktor yang berpengalaman dalam merenovasi rumah. HANSEN Construction dapat menjadi pilihan agar pekerjaan renovasi rumah lama Anda dapat efektif dan efisien.

X CLOSE
Butuh Bantuan? hubungi kami